Pages

Thursday, July 21, 2016

Facebook Perkenalkan Platform Seluler Baru 'OpenCellular'

MENLO PARK – Facebook telah lama bekerja untuk memberikan akses internet kepada masyarakat yang belum memilikinya. Setelah memiliki Internet.org yang ditolak India, Facebook memperkenalkan platform baru yang disebut OpenCellular.

Sebagaimana dilaporkan The Verge, Kamis (7/7/2016), OpenCellular adalah open source ‘platform akses wireless’ yang didesain untuk menurunkan harga layanan jaringan seluler yang selama ini sulit dilakukan. Sistem tersebut didesain untuk menyediakan alat guna menyetel jaringan penuh dari peralatan fisik hingga software yang menjalankannya.

Facebook mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan Teleceom Infta Project (TIP) pada awal tahun ini dengan tujuan untuk menemukan pendekatan baru untuk menyetel jaringan komunikasi intensif data dan untuk memikirkan kembali bagaimana manusia menggunakan teknologi yang telah hadir.

Kendati demikian, Facebook mengakui bahwa merambah ke dunia akses selular bukanlah hal yang mudah. Namun, Mark Zuckerberg yakin bahwa platform ini akan membantu operator telekomunikasi, peneliti, dan entrepreneur dengan memberikan dukungan pada 1.500 orang sejauh 10 kilometer meski memiliki ukuran kecil.

“Kami merancang OpenCellular sebagai sistem terbuka sehingga siapa pun, dari operator telekomunikasi, untuk peneliti, untuk pengusaha, dapat membangun dan mengoperasikan jaringan nirkabel di tempat-tempat terpencil. Ukurannya hanya seperti kotak sepatu dan dapat mendukung hingga 1.500 orang dari sejauh 10 kilometer,” tulis Zuck melalui posting-annya di Facebook.

No comments:

Post a Comment